Jumat, 19 November 2010

Abstrack TA

Abstrak

Kondisi kehidupan modern saat ini intensitaskegiatan yang membutuhkanpencahayaansemakintinggi, maka energy yang digunakanjugasemakin lama semakintinggi.Penggunaan LampuLED (Light Emitting Diode) merupakansalah satu hasilinovasiteknologidalambidangpencahayaan dalam upaya penghematan energy.
Ketika Lampu dinyalakan pada saat mendung siang hari, sore ataupun malam, lampu menyala seratus persen. Padahal pada saat mendung di siang hari dan sore hari lampu tidak perlu menyala seratus persen karenapada ruangan tersebut masih terdapat cahaya matahari. Dari permasalahan tersebutmaka dibuatsistem pengaturan penyalaan lampu (LED) berdasarakan intensitas cahaya matahari berbasis fuzzy.
Sistem ini menggunakan rangkaian dimmer untuk mengatur tegangan pada lampu yang dikontrol mikrokntroler AVR dengan logika fuzzy.Dengan menggunakan Fuzzy Logic Controller, masukan (eror dan deltaeror) akan diproses guna mendapatkan nilai sudut penyalaan SCR pada rangkaian dimmer sesuai intensitas cahaya matahari yang terdeteksi pada ruangan tersebut.
Selain itu sistem ini terdapat timer control lampu pada malam hari guna upaya penghematan energy energy lisrik. Juga terdapat rangkaian emergency yaitu sumber daya cadangan yang bisa digunakan saat terjadi pemutusan aliran listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar